Kamis, 23 Juli 2009

Jika kamu jurusan IPA

Jika kamu jurusan IPA maka salah satu syarat agar dapat melanjutkan ke kelas berikutnya adalah nilai-nilai pelajaran IPA tidak boleh merah. Logis memang. Tapi kalau direnungi lebih lanjut, apa iya? Bukankah tidak ada manusia yang sempurna dalam segala hal.

Mata pelajaran ciri khas IPA adalah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Karena saya guru mata pelajaran matematika maka saya contohkan matematika. Matematika sendiri diantaranya terdiri dari kalkulus, aljabar, geometri, dan statistik. Waktu saya kuliah, kami di jurusan ini dan juga mereka yang kuliah di jurusan-jurusan lain pernah mengalami yang namanya tidak lulus.

Saya sendiri pernah mengalami tidak lulus di mata kuliah struktur aljabar I. Diantara 79 teman seangkatan saya, hanya satu orang yang tidak pernah tidak lulus. Walaupun saya pernah tidak lulus pada salah satu mata kuliah tapi IPK saya selisih 0,3 lebih baik dibanding dengan IPK teman saya yang selalu lulus itu. Saya dan dia termasuk yang pertama lulus s1 di angkatan kami.

Memang, bangku kuliah berbeda bangku SMA. Tapi jika orang yang mempelajari satu spesifkasi mata pelajaran SMA di tingkat lebih lanjut aja tidak selalu lulus alias pernah dapat nilai merah. Kok ini yang mempelajari banyak hal yang berbeda diharuskan lulus.

Memang dasar waktu penjurusan adalah bahwa seorang anak yang dijuruskan ke IPA maka nilai mata pelajaran ciri khas IPA tidak boleh merah. Di jurusan IPS syaratnya juga sama. Tapi jika seorang anak ada satu nilai merah di mata pelajaran ciri khas IPA,ada satu nilai merah di mata pelajaran ciri khas IPS, dan anak ini masih bisa dikategorikan naik kelas maka lucunya pasti dia masuk di jurusan IPS.

Kalau memang keputusan salah satu syarat agar dapat melanjutkan ke kelas berikutnya berdasarkan kepada syarat waktu penjurusan. Ya… itu seh memang lain lagi ceritanya. Mungkin saja si pembuat kebijakan berpikir masa’ ketika penjurusan saja nilai mata pelajaran ciri khas tidak boleh merah, eh setelah di juruskan kok malah boleh merah. Kalau sudah begitu, selamat berjuang agar naik kelas deh. Semoga sukses ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar